10 Cara Kendalikan Emosi

10 Cara Kendalikan Emosi

Emosi Normal jika manusia itu emosi saat hak-haknya di ganggu dan saat hatinya di sakiti. Marah juga wajar , karena memang manusia itu mahkluk paling sempurna. Bisa marah bisa bahagia bisa sedih dan bisa tertawa .

Sungguh tidak normal jika manusia tidak punya emosi saat haknya di injak injak dan tidak di hargai. Jadi jangan pernah merasa bersalah jika memang harus marah. Tapi… carilah cara marah yang baik dan benar.

Kali ini, netizem.com akan sedikit memberi tips bagaimana cara mengendalikan emosi dengan baik. Tujuanya agar di saat anda emosi , anda malah dapat keuntungan besar dari emosi yang anda rasakan , kok bisa ?. Jawabnya silahkan di baca .

Inilah 10 Cara Mengendalikan Emosi.

1. Tetap Tenang .

Semarah apapun kamu , usahakanlah untuk tetap tenang , jangan terbawa suasana , sebisa mungkin untuk di kendalikan, cobalah untuk tarik nafas sedalam dalamnya untuk asupa oksigen pada jantunh biar tidak terlalu cepat berdetaknya.

2. Alihkan Masalah Sementara.

Setelah tenang cobalah alihkan sementara masalah yang menimpa anda, barang satu menit , dua menit sesuaikan kebutuhan yang anda perlukan. Sekali lagi tetaplah tenang jangan terbawa situasi.

3. Cobalah Tersenyum.

Cobalah untuk tersenyum barang sebentar, sesulit apapun masalah anda , tak akan selesai hanya dengan marah-marah , jadi tersenyumlah, jika perlu nikmatilah rasa emosi tadi , layaknya kita makan makanan pedas yang menyengat.

4. Lemaskan Badan.

Orang emosi badanya pasti tegang , nah saat itu cobalah anda kendurkan , tangan , kaki , badan, bibir , dan mata. Pokoknya semua otot di kendurkan. Dengan demikian anda akan terlihat lebih santai .

5. Minum Air Putih.

Ini juga cara ampuh mengendalikan emosi, di saat emosi degub jantung kita jadi kencang , di saat itu dia butuh asupan air banyak untuk menyetabilkan. Cobalah minum air sebanyak banyaknya.

6. Carilah Cara Yang Baik.

Banyak masalah yang bikin orang itu emosi, bisnis, keluarga, teman, dan lain sebagainya. Emosi bisa menimpa siapa saja. Tapi bukan berarti orang emosi boleh berbuat semaunya. Jadi saat emosi cobalah cari jalan yang terbaik. Yang tidak melanggar hukum dan norma.

7. Ingat Resiko.

Saat emosi ingatlah resiko yang akan kam dapatkan jika kamu salah ambil keputusan. Sudah banyak korban berakhir tragis masuk di penjara bahkan harus kehilangan nyawa gara gara salah mengendalikan emosinya .

8. Ingat Allah.

Selain mengingat resiko , mengingat Allah juga bisa jadi solusi bagus untuk meredam emosi, untuk kemudian kita kendalikan emosi tadi ke arah hal yang positif. Berdoa, Dzikir sudah cukup terkenal dan teruji keampuhanya.

9. Maafkan dan Lupakan.

Ini cara paling berat, orang yang emosi biasanya di posisi menang dan jarang orang bisa memaafkan serta melupakan kesalahan di saat menang. Pinginnya nuntut dan nuntut apa yang sudah jadi haknya.

Tak ada salahnya anda coba untuk memaafkan kesalahanya serta lupakan masalahnya , sambil berlalu memperbaiki diri agar masalahnya tidak terulang kembali.

10. Lakukan 9 Poin Di atas.

Sekali lagi , tulisan ini hanya akan jadi bacaan saja jika tidak di praktekan. Emosi tetap emosi jika kita tak pernah berusaha untuk mengendalikan dengan berbagai cara.

Oke , demikianlah 10 cara mengendalikan emosi , akan ada cara cara baru yang akan saya update di sini terkait dengan emosi.

Jangan lupa bantu sebarkan artikel ini.

1 thought on “10 Cara Kendalikan Emosi”