10 Tips Baca Berita Yang Baik Dan Benar

10 Tips Baca Berita Yang Baik Dan Benar

Tidak semua bisa baca berita dengan baik dan benar , mungkin karena faktor pendidikan dan tingkat kepahaman tata bahasa yang berbeda ,sehingga berdampak kepada pemahaman yang berbeda pula setelah membaca berita .

Setelah sebelumnya , saya uraikan tentang 10 situs berita pilihan . Kali netizem akan membahas bagaimana cara membaca berita yang baik dan benar , tujuanya agar kita tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang begitus cepat menyebar seperti sekarang ini .

Jika anda punya smartphone yang sudah terhubung internet sekaligus terinstall akun sosialmedia seperti whatsapp,facebook,twitter dan lain sebagainya . Apalagi jika anda mengikuti group-group di sosialmedia tersebut , sedikit banyak pasti pernah mengalami munculnya berita yang berseliweran dengan judul-judul yang bombastis dan menggiurkan.

Jika iya , maka anda sudah seharusnya baca artikel ini sampai selesai, siapa tahu bermanfaat untuk perkembangan intlektual anda kedepanya . Berikut ini 10 Tips Baca Berita Dengan Baik Dan Benar Versi Netizem.Lihat Sumbernya .

1.Lihat Sumbernya.

Apapun beritanya pastikan anda lihat sumbernya dulu atau situsnya dulu. Apakah situs tersebut sudah di kenal kalayak banyak atau belum, resmi atau tidak dan lain sebagainya . Walau tidak semua situs itu menyajikan berita hoax tapi setidaknya dengan memperhatikan alamat situsnya saja terkadang kita sudah bisa menyimpulkan bahwa situs tersebut baik atau tidak . 10 Orang Target Berita Hoax

2. Lihat Judulnya .

Banyak sekali berita yang berseliweran dengan judul yang bombastis tapi isinya sama saja dan hanya olah kata agar pembaca terkesima, padahal judul tersebut bisa saja berdampak negatif pada pembaca yang mungkin kurang memahami ilmu bahasa , belum lagi kalau memang dasarnya si pembaca sudah menyimpan rasa benci pada orang yang di beritakan . Nah sekarang mulailah cerdas bagaimana membedakan judul berita yang mengada-ngada dan memang judul yang sederhana tapi sesuai realita. 10 Tips Baca Berita Yang Baik Dan Benar

3. Baca Isinya .

Baca berita jangan cuma judul saja tapi bacalah juga isinya , jangan cuma gara-gara pingin di kata up to date lantas asal share berita saja, asal judulnya heboh share padahal isinya menjebak .Saya seringkali liha komentar-komentar tidak nyambung di link berita yang di share lewat facebook. Banyak perdebatan terjadi karena satunya hanya membaca judul tanpa membaca isi . Terkesan memalukan walau ujungnya di kata candaan.

4. Jangan Terkecoh Gambar.

Banyak sekali gambar/foto editan yang beredar di sosial media , di edit sedemikian rupa sehingga tanpak asli padahal itu poto/gambar hasil comotan yang di gabungkan,kemudian di beri judul yang heboh seakan akan benar terjadi . Silahkan teliti lagi gambarnya, normalnya jika memang gambar/poto tersebut asli , tentu ukuranya lebih besar, gambarnya bening dan tidak buram , bersih tidak ada tulisan dll.

5. Rangkaian Kalimatnya.

Cobalah chek kembali rangkaian kalimat dan pemilihan katanya , jika berita tersebut di tulis oleh seorang yang profesional dan tahu kode etik jurnalis maka tulisan tadi di buat berimbang informatif tanpa provokasi yang menyebabkan pro dan kontra . Bagaimanapun seorang penulis berita akan di tuntut jika tulisan tadi tidak sesuai fakta .

6. Cari Sumber Lainya .

Di era digital cari sumber berita itu sangat banyak sekali, anda cukup ketik di google tentang judul berita yang di share tadi , apakah sudah ada yang mengulas atau belum , silahkan anda chek dulu . Dengan demikian informasi yang anda dapatkan itu punya perbandingan .

7. Kenali Penyebarnya .

Dengan melihat siapa yang share berita kepada kita , setidaknya kita bisa mengerti bagaimana watak dan karakternya , jika dia tidak begitu akrab dengan anda kok tiba-tiba share berita , bisa jadi dia hanya cari perhatian saja, jadi berita yang di bagikan tak perlu di gubris bahkan di perbincangkan terlalu jauh.

8. Gunakan Akal Sehat.

Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga, begitu juga sepandai-pandai orang merangkai kalimat akan kelihatan bohongnya . Poin ini hampir sama dengan poin kedua , cuma terkadang ada judul yang di buat sedemikian rupa seakan akan masuk akal padahal tidak . Di sinilah kita perlu berfikir lanjut untuk memahami berita tersebut.

9. Ingat Resiko .

Seperti yang bisa kita ketahui bersama, banyak sekali orang yang masuk penjara cuma gara-gara share berita bohong, nah agar kita tidak ikut-ikutan jadi korban , maka kita harus berhati-hati ,masa iya maksud hati ingin berbagi informasi tapi malah masuk terali besi . Jangan itu berat.

10. Sering Diskusi .

Di internet kita bisa banyak dapat kawan dan pengetahuan , dengan bergabung dan diskusi kita bisa memilah dan memilih mana kawan dan pengetahuan yang layak untuk kita gunakan . Jangan sampai internet yang harusnya jadi alat yang menyenangkan tapi malah jadi menyusahkan . Bergabunglah dengan forum-forum ilmiah yang ada di internet .

Nah itulah 10 Tip Cara Baca Berita Dengan Baik Dan Benar , Memang pilihan semua ada di tangan anda , tapi cobalah renungkan sekali lagi , bagaimana perasaan anda jika yang di beritakan itu adalah anda , keluarga anda bahkan mungkin orang yang anda cinta . Jadi cobalah bijaksana .Oke?

1 thought on “10 Tips Baca Berita Yang Baik Dan Benar”